Candi-candi di Dieng

Kawasan wisata Dieng merupakan salah satu kawasan wisata yang terkenal di Jawa Tengah. Kawasan wisata ini tepatnya berada di kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Jalan terbaik menuju ke kawasan wisata ini bisa ditempuh dari Kota Semarang dengan waktu perjalanan selama kurang lebih 3,5 jam dengan menempuh 125 km. Sementara itu wisatawan yang berasal dari Jakarta bisa menempuh perjalanan selama kurang lebih 8 jam dan menempuh 415 km.




candi dieng
Sumber foto: diengtour.co.id

Keindahan kawasan wisata Dieng memang sudah terkenal sampai ke beberapa negara, ada banyak sekali wisata yang bisa dijalankan di kawasan ini. Mulai dari wisata alam sampai dengan ke wisata sejarah karena ada beberapa tempat bersejarah yang ada di kawasan ini. Salah satu kawasan yang banyak dikunjungi orang adalah kompleks candi yang ada di Dieng. Ada beberapa candi yang akan dibahas pada artikel berikut ini.

Candi Arjuna


Letak candi ini memang berada di kawasan kompleks candi yang dalam satu kompleks juga terdapat candi-candi yang lainnya. Candi Arjuna sendiri merupakan candi yang berukuran kurang lebih 4m persegi. Mengabadikan foto di candi ini merupakan pilihan yang tepat karena latar yang akan kita dapatkan adalah kawasan candi tua yang sangat menarik. Pada candi ini kita juga bisa masuk ke dalam dan melihat bagian dalamnya. Untuk masuk ke dalam kita bisa melewati tangga pada bagian luar.

Candi Sembrada


Bentuk candi ini jika kita lihat dari luar memang nampak seperti bertingkat, namun sebenarnya tidak. Pada bagian dalam juga terdapat relung kecil yang bisa digunakan untuk meletakan arca. Sayangnya candi ini atapnya sudah hancur sehingga tidak begitu nampak bentuk atasnya.

Candi Gatotkaca


Untuk candi yang ini sudah mulai berpindah kompleks sendiri, candi ini berada di kompleks Gatotkaca. Ini merupakan candi yang memiliki ukuran batu sekitar 1 m. Candi ini nampak cukup tinggi memang dan terlihat seperti bertingkat. Hampir sama dengan candi lainnya pada dinding candi juga terdapat relung kecil sebagai tempat meletakan arca.

Candi Bima


Ini merupakan candi yang letaknya memang berbeda sendiri karena ada pada sebuah bukit. Diantara candi yang lainnya, kawasan candi ini merupakan kawasan yang paling luas dan memang ukuran candi yang besar. Candi ini memiliki bentuk segi 8 dengan atap yang kurang lebih memiliki tingkat 5.

Berwisata ke Dieng memang rasanya tidak akan lengkap jika tidak datang ke kawasan candi ini. Selain candi diatas, masih ada lagi beberapa candi yang terdapat dalam kompleks yang sama seperti Candi Semar, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Petruk, Candi Nakula dan Candi Sadewa. Jangan lupa untuk mengabadikan foto di beberapa candi ini karena sangat indah.